-->

Wednesday, November 2, 2016

Quick Update - Life After Marriage

Salam, 


Berbeda dengan yang saya posting sebelumnya kalau kehidupan pasca menikah berjalan normal seperti sebelum menikah, kali ini saya mau bahas hal-hal yang ternyata jadi berubah di hidup saya dan suami, ya sekalian life's updates lah di blog sendiri hehehe. 



1. Bangun lebih pagi, sampai lebih siang. 
Di keluarga saya, setiap anak yang sudah menikah wajib hidup lepas dari orangtuanya. Makanya, sebelum nikah pasti orangtua saya rewel dulu nanya mau tinggal dimana. Bukannya matre karena harus punya rumah sendiri (karena ngontrak/kos pun boleh), tapi menurut orangtua saya, itu salah satu bentuk untuk mengajarkan tanggung jawab sama anak-anaknya, terutama peran suami. "Kan kalian berdua yang memutuskan mau nikah, masa masih ditanggung orangtua juga" , kira-kira begitulah penjelasan papa dan mama. 

Buat saya dan suami, hal itu tentu tidak masalah. Karena selain suami kebetulan sudah ada rumah pribadi di bandung, saya dan suami punya prinsip yang sama dengan orangtua saya untuk tidak hidup bergantung dengan orangtua lagi pasca menikah (urusan finansial).  Tapi, yang jadi masalah adalah jarak dari rumah suami ke kantor saya yang masya allah bikin elus-elus dada. Bukan hanya jaraknya, tapi kemacetannya juga. Untuk bisa sampai kantor jam 8 tepat, saya harus berangkat kurang lebih jam setengah 7 dari rumah, itupun naik kendaraan pribadi. Padahal sebelum menikah saya bisa berangkat jam setengah 8 (naik angkot, dilanjut jalan kaki) untuk sampai kantor jam 8. luar biasa... 

Berangkat lebih pagi berarti saya harus bangun lebih pagi juga. Biasanya yang habis subuh leyeh-leyeh, sekarang harus sigap ini itu gabisa tidur lagi. hasilnya? tiap jam makan siang bawaannya ngantuk hehehe


2. Masak dan Sarapan 
Karena saya dan suami bekerja, otomatis kegiatan makan siang dan malam dirumah hanya terjadi saat weekend, yang artinya saya bebas masak di hari kerja. eh, kecuali untuk sarapan ya. Seperti yang saya bahas di postingan sebelumnya, awal- awal menikah kami tidak pernah sarapan. Cukup berbekal oatcrunch atau biskuit saja sudah cukup bagi kami. Untuk saya sih, sarapan roti / biskuit memang sudah jadi hal biasa, toh selama ngekos juga gitu hehehe. Tapi berbeda dengan suami saya. Entah sejak kapan (ngakunya sih gara-gara saya racunin untuk sarapan nasi tiap pagi), suami saya harus makan berat di pagi hari dan menyerah dengan makan oatcrunch yang katanya cuma bisa ganjel-ganjel perut. 

Biasanya sih suami selalu lanjut makan dikantor, tapi karena merasa kurang berbakti sama suami *pencitraan*, akhirnya saya putuskan untuk masak tiap pagi.  Bagi saya yang skill masaknya pas-pasan, masak dipagi hari itu butuh ekstra berfikir. Di waktu yang sempit, saya harus bisa menyiapkan sarapan dengan menu utama nasi. hayati lelah... 

hehehehe ga deh, saya malah merasa terpacu untuk belajar masak. Ya walaupun menu masakan sarapan saya mah ya itu lagi itu lagi, tapi seneng aja liat suami berangkat ke kantor udah kenyang, ga mesti makan gorengan atau jajanan gajelas dikantor (psst, saya lagi program menggendutkan badan suami ! wish me luck hehehe).

Oiya, karena waktu dipagi hari yang sangat singkat (masak mulai jam setengah 6, dan jam 7 harus berangkat), kami selalu sarapan di dalam mobil. Suami nyetir, saya ngoceh sambil nyuapin. Alhamdulillah selalu habis hehehe. 


3. Menjadi gendut? 
Saya orang yang paling gamau jadi gendut, banyak alasan sih sebenernya. Selain saya merasa badan saya berat dan tidak sehat (backpain saya sering kambuh kalo saya mulai menggendut), ada tuntutan dari beberapa pekerjaan yang mengharuskan saya menjaga badan. Alhasil, kehidupan sebelum menikah saya selalu direpotkan dengan menjaga makan. Tapi, setelah menikah semuanya berubah. Saya udah gapernah lagi jaga makan. ya walaupun emang saya engga begitu suka makan carbo, at least saya tetep makan sehari 3 kali dengan jumlah lauk pauk normal. Gendut? alhamdulillah, setelah menikah walaupun porsi makan saya menjadi lebih ekstrem daripada biasanya, berat saya tetap di angka yang sama, paling geser-geser dikit lah. Mungkin karena aktivitas yang jadi lebih banyak juga kali ya, makanannya ga jadi numpuk di badan hehehe. 
Tapi berbeda dengan suami saya. Sebelum menikah, saya mati-matian cekokin suami makan biar gendut tapi ga pernah ada hasilnya. Nah sekarang, dalam waktu 2 bulan menikah, suami saya bisa naik 4kg, super sekali ! 


4. Susah bagi waktu pulang kerumah orangtua
Bukan karena saya dan suami ga mau, tapi entah kenapa jadwal dikantor jadi bener-bener ngeselin. Bulan ini saja, saya dapet piket 4 kali di weekend *lap keringet*. Sudah ada 2 tempat yang harus dikunjungi, ditambah waktu weekend yang kepake buat kerja. Kapan pulangnya.... 


5. Sering kangen mama
pesan saya untuk semua wanita yang lagi ngebet nikah, selalu inget kalo kalian punya orang tua. Jangan sampai sebelum nikah saja waktu kalian habis untuk pacaran. Karena setelah menikah, waktu kalian untuk bertemu orang tua sangat terbatas. 
Sebelum menikah, saya selalu memaksakan diri pulang seminggu sekali kerumah (lokasi kerja dan rumah saya ada dikota yang berbeda). Sampai akhirnya menikahpun, saya selalu rajin telpon mama, sekedar bergosip hal-hal ga penting, atau minta resep makanan. Ga jarang juga saya minta mama ke bandung untuk nengok, Walaupun sering telpon, tetep saja saya selalu kangen sama mama... 

6. Mulai sering googling tentang menjadi istri dan ibu. 
Terkadang, saking sibuknya dengan aktivitas sehari-hari, kita bisa lupa dengan peran utama seorang wanita yang sudah menikah, yaitu menjadi istri dan (insya allah segera) ibu. Makanya, karena suka merasa selengean kepada suami (berasa masih pacaran), saya lagi sering baca-baca dan gooling mengenai peran istri dan ibu dalam islam. Biar jadi pengingat dan tetap pada linenya, gitu sih kira-kira alasan saya.  Sering ada perasaan khawatir karena saya bekerja full day, kewajiban saya sebagai istri jadi terlantar. Tapi ya semuanya balik lagi ke pilihan saya, dengan bekerja saya berarti harus ekstra usaha dan energi untuk tetap menjalankan tugas saya sebagai istri dan (insya allah segera) ibu. 

---
Singkat cerita, pokoknya saya sedang menikmati masa-masa jadi istri, belajar masak, belajar bagi waktu, belajar lebih pengertian, dan belajar jadi istri yang selalu dirindukan suami. Semoga saya selalu diberikan kemudahan dan petunjuk untuk menjadi istri yang berbakti pada suami, aamiin. 


“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.”

 (HR. Muslim)

No comments:

Post a Comment