-->

Monday, April 3, 2017

PREGNANCY POSTS : BELANJA KEPERLUAN BAYI




Salah satu hal penting menjelang kelahiran adalah mempersiapkan segala kebutuhan calon bayi. sebagai new mom to be, saya sangat exited dan menunggu-nunggu waktu belanja yang kata orangtua baru boleh dilakukan setelah usia kandungan tujuh bulan (glek, lama juga ya). saya yang orangnya emang lebih suka well prepared dibandingkan dadakan, sudah jauh-jauh hari googling sana sini mencari tau list belanja apa saja yang diperlukan untuk bayi yang baru lahir. saya juga banyak konsultasi dengan kaka perempuan saya yang sudah berpengalaman melahirkan dua orang anak.  
Setiap hari saya  mulai menandai barang-barang apa saja yang saya mau beli, ditoko mana, berapa jumlahnya. bolak balik liat instagram atau web yang menjual perlengkapan bayi sudah jadi rutinitas saya saat ini, gemees.. 

Walau semua ingin dibeli, tapi kita harus tetap bisa berfikir jernih dan sehat kan. masih banyak slot biaya yang harus dikeluarkan untuk meyambut kelahiran calon bayi, salah satunya proses melahirkan. dan untuk mengurangi keimpulsifan saya membeli barang ga penting atau yang kira-kira tidak akan terpakai, saya membuat list keperluan calon bayi. saya membagi list belanja menjadi tujuh bagian, yaitu baby clothes, bedding, pee & poo, mom's, toiletries, ASIP, dan others seperti dibawah ini : 

Selain jenis barang yang mau saya beli, saya juga melengkapi dengan merk, jumlah, dan perkiraan lokasi saya membeli barang tersebut. intinya sih supaya saya fokus dan engga bingung cari-cari lagi yang bisa bikin makin impulsif. 
oiya sebelum menentukan lokasi pembelian, saya  sudah melakukan survey dengan membandingkan beberapa produk di beberapa baby shop di Bandung dan Jakarta.  rata-rata  saya pilih toko fisik, atau sekalipun online saya pilih yang ada tokonya atau memang kakak atau teman saya sudah menggunakan produknya. alasannya? karena saya belum pengalaman buat membandingkan mana barang asli dan palsu. sedangkan banyaaaaak sekali online shop yang menjual barang-barang kw dengan harga beda tipis dengan harga produk original. iya, saya agak picky memang soal menentukan barang dan dimana saya mau beli barangnya. maklumlah, namanya juga mempersiapkan kelahiran anak pertama. maunya ya yang terbaik tapi tetep murah *prinsip emak-emak*.  
hal ini lumayan bikin cemberut mas suami nih, karena saya cuma mampir, liat-liat, dan tidak membeli apa-apa di semua toko yang saya kunjungi
Walaupun mas suami awalnya bete dengan kelakukan saya ini, dari hasil survey ini saya jadi tau mana toko yang menjual daily product yang murah, mana yang lucu-lucu untuk special occasion, dan toko mana yang menjual barang-barang impor yang murah. lumayan loh bisa menghemat dari ratusan hingga jutaan rupiah dan mas suami pun bisa happy kembali hehe. 

Kalau diliat dari listnya, saya memang cuma sedikit membeli baju. kenapa? kata orangtua saya, bayi sangat cepat besar dan mubazir jika bajunya terlalu banyak pasti banyak yang tidak terpakai. selain itu, saya dan suami juga sepakat untuk tidak akan membawa baby kemana-mana dulu selama 3 bulan pertama, jadi baju tidur aja cukup laaah hehehe. nah tapi buat yang kira-kira berencana berpergian s saat usia bayi masih dibawah 3 bulan (roadshow ke rumah nenek biasanya hehe), ada baiknya membeli persediaan baju berpergian untuk calon bayi. gamau dong anak kita keliatan kucel didepan orang? hehehe. 

sekian shopping list saya, mudah-mudahan bisa membantu calon-calon ibu lain yang sama-sama mau membeli perlengkapan menyambut kelahiran buah hati. 

No comments:

Post a Comment