-->

Monday, March 13, 2017

PREGNANCY POSTS - SKIN PROBLEMS & SKINCARE UNTUK IBU HAMIL

Hello everyone!
Selama 4 bulan hamil, selain perubahan pada pola makan and stuffs (akan saya bahas di postingan selanjutnya) yang paling terasa berubah adalah kondisi kulit saya. Sebelum hamil, jenis kulit saya memang normal to oily di bagian t-zone untuk wajah, dan sangat jarang sekali jerawatan ataupun beruntusan. sedangkan untuk badan cenderung normal. 
Tapi semenjak hamil, kondisi wajah saja sudah cukup membuat shock teraphy. di area pipi sampai dagu, kulit saya cenderung normal to dry. lumayan banyak dry patches khususnya dibagian smile lines dan di cuping hidung. Tapi, kondisi ini berkebalikan dengan kondisi dahi saya.  kandungan minyak di bagian dahi jadi terlalu berlebihan. alhasil tiba-tiba saya dan suami dikagetkan dengan dahi saya yang penuh beruntusan dan mulai bermunculan jerawat. Iya, suami saya juga kaget karena selama 3 tahun bareng, baru kali ini liat saya jerawatan. Mati satu tumbuh seribu ibaratnya, sekali ilang yang antri sudah ada hehehe.

My Pregnancy - Safe Skincare Routine 



Kondisi wajah di kehamilan  14-16 minggu

Di awal-awal jerawat muncul, saya cuek aja karena merasa selalu rajin cuci muka setiap harinya dan pede bakal ilang dengan cepat, ditambah lagi banyak orang yang bilang bruntusan dan berjerawat saat hamil itu hal wajar. tapi ternyata sepanjang 4 bulan hamil, jerawat ini ga pernah menghilang. bagi saya yang sangat jaraaaaang jerawatan dan punya masalah kulit, kondisi seperti ini benar-benar bikin stres. rasanya jadi ga pede buat jalan-jalan, yang akhirnya saya selalu menutupinya dengan powder foundation yang justru memperparah kondisi kulit saya.

Akhirnya karena mulai gatahan dengan kondisi kulit yang aneh dan jerawat yang makin hari makin ganggu penampilan, saya mulai mereview ulang skincare dan makeup yang saya pakai sehari-hari. Untuk ibu hamil, menyelesaikan masalah "sesimple" ini bisa jadi sangat tricky. dari artikel yang saya baca, ibu hamil itu bisa sangat sensitif. apapun yang dipakai oleh ibu hamil bisa jadi berpengaruh ke janin, nahlo serem kan. ada banyak bahan kosmetik  yang tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk ibu hamil loh, seperti :
  • Retinol, kandungan ini merupakan turunan dari vitamin A yang biasa digunakan sebagai anti aging.  Ibu hamil harus sabar untuk ga menggunakan anti aging nih selama hamil, karena kandungan retinol ini bisa menyebabkan kecacatan fisik maupun mental pada janin yang dikandung, serem banget kan. 
  • Merkuri, zat ini udah sangat terkenal ya. setiap ada pembahasan mengenai kosmetik khusunya yang memberikan efek whitening, pasti pertanyaan mengenai "ada merkurinya?" akan selalu ada. hamil maupun ga hamil, sebaiknya zat ini harus dihindari loh karena bisa menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan hati. 
  • Hydroquinone, kandungan hydroquinone biasanya terdapat di krim pemutih (seperti merkuri)
  • BHA , kandungan ini hanya bisa dikatakan aman jika jumlahnya hanya 2% dari total produk skincare. namun untuk ibu hamil sebisa mungkin menghindari semua produk yang mengandung BHA walaupun dalam kadar toleransi. 
  • Rhodamin, kandungan berbahaya ini bisa menyebabkan kanker untuk ibu hamil dan kecacatan pada janin
Selain ada yang dilarang, ada juga beberapa kandungan yang perlu dikonsultasikan kepada dokter, yaitu: 
  • Benzoil Peroxyde, zat ini biasa ada di obat jerawat dan dapat diserap oleh kulit sebanyak 5%. 
  • Salicyl Acid, kandungan salycil acid biasanya terdapat di dalam facial wash anti jerawat. penggunaannya sangat tidak dianjurkan jika digunakan dengan dosis tinggi (>2%)
Nah, setelah tau banyaknya  zat yang berbahaya dalam skincare (khususnya obat jerawat) untuk ibu hamil, saya mulai menghabiskan banyak waktu untuk research ulang mengenai setiap produk yang saya punya maupun yang saya ingin coba. yang biasanya cuek dengan ingredients, sekarang saya rajin banget bolak balik kemasan skincare, dan googling ingredients produk di website official. saya juga banyak browsing dan membaca tips-tips dari para beauty blogger yang sudah berpengalaman.

terus, yang aman apa dong? 
gausah khawatir, karena pada dasarnya ibu hamil masih bisa ko melakukan perawatan kulit. misalnya saja  produk skincare yang memiliki kandungan AHA, semua antioksidan (seperti vitamin C dan vitamin E), dan sunscreen (terutama mineral sunscreen), ketiganya masih aman untuk dipakai. selain itu, ibu hamil juga masih bisa melakukan rutinitas seperti biasa asalkan tidak mengandung kandungan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah daftar produk yang menjadi penyelamat saya selama kehamilan:



1. Bioderma Sensibio H2O Micellar Water
seperti yang pernah saya posting disini, Bioderma selalu jadi andalan saya untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas.  Komposisi produk yang paraben free, fragrance free, dan hypoallergenic sangat cocok untuk ibu hamil. produk ini membantu untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran lain yang menempel seharian setelah beraktivitas dengan tuntas dan cepat!. Cocok sekali untuk ibu hamil yang tenaganya sudah minim dipulang kantor hehehe. Oiya saking bagus dan tidak ada efek negatifnya, mas suami pun sering saya pakaikan bioderma loh hehehe.
Selain bioderma, sekarang saya juga lagi mencoba Corine de Farm Micellar Water yang katanya dupe dari Bioderma. hmm, menurut saya walau overall sangat mirip fungsi dan tekturnya, saya tetap lebih suka dengan Bioderma. mungkin saya akan review perbandingannya di next post ya !

2. Cetaphil Cleanser
Setelah membersihkan makeup dengan bioderma, saya selalu mencuci muka lagi (walaupun sebenarnya tidak perlu) dengan Cetaphil Cleanser. Ini salah satu daily skincare yang selalu saya dan mas suami pakai. Rasanya kulit jadi lebih kenyal dan lembuut sekali. Oiya dari klaimnya produk ini bisa dipakai juga untuk baby loh, makannya saya yakin produk ini juga insya allah aman untuk ibu hamil.

3. Tea Tree Facial Wash by The Body Shop
Produk ini saya dapatkan dari mas suami, lebih tepatnya dapet hibah sih hehehe. Setelah menikah, peer saya bukan hanya ngurusin kulit sendiri, tapi juga kulit mas suami. Dulu sebelum menikah, mas suami selalu pakai produk ini tiap hari karena sering berjerawat. Tapi kalo saya perhatikan, ko ada dry patches di beberapa spot ya?. setelah mengamati di beberapa hari setelah menikah, akhirnya saya menyarankan mas suami menghentikan pemakaian tea tree facial wash ini dan menggantinya dengan cetaphil untuk sehari-hari.
Karena mas suami sudah berhenti menggunakan tea tree facial wash sedangkan stok produk masih banyak, akhirnya saya mencoba mengombinasikan penggunaan tea tree facial wash dengan cetaphil cleanser. setiap tiga hari sekali mas suami akan mencuci muka dengan tea tree facial wash, dan menggunakan cetaphil cleanser di hari yang lain. Awalnya teknik ini saya cuma terapkan untuk mas suami yang kebetulan kulitnya memang kombinasi dan sesekali berjerawat. Dan ternyata teknik ini berhasil loh untuk mengatasi masalah kulit mas suami. nah karena selama hamil ini saya berjerawat, saya akhirnya mempraktekkan teknik ini ke kulit saya. biasanya saya menggunakan tea tree facial wash ini hany di bagian berjerawat saja, yaitu di dahi, dan sisanya tetap menggunakan cetaphil.

4. Mint Julep Masque Queen Hellen
sudah dari lama saya liat review produk ini oleh para blogger dan youtuber. tapi karena  kulit saya cenderung normal sedangkan produk ini diperuntukan untuk kulit berminyak dan berjerawat, saya jadi maju mundur mau coba. nah, saat hamil dan berjerawat, saya langsung gerak cepat membeli produk ini. oiya,  tidak lupa saya juga searching terlebih dahulu ingredientsnya sebelum membeli biar ga rugi hehehe.

5. Jeruk Lemon
all time favorite! resep ini saya dapatkan dari mama dan sudah saya pakai sejak masih SMA. hasilnya ga instan, tapi paling berpengaruh dan ada hasilnya di wajah saya. walaupun memang perih saat digunakan, tapi ampuh banget untuk menghilangkan beruntusan dan jerawat yang meradang loh. biasanya saya pakai setelah membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur.

6. St Ives Oat Mask
Oat mask ini sangat terkenal dan dapet julukan best oat mask di USA. dari teksturnya, produk ini mirip dengan scrub wajah pada umumnya. akan tetapi, setelah diaplikasikan ke wajah, bulir-bulir scrubnya terasa lembut dan tidak meninggalkan rasa sakit. biasanya saya menggunakan oat mask ini 3 hari sekali, sebelum menggunakan cetaphil facial wash. oiya, mask ini hanya saya gunakan ketika jerawat sudah kering ya, sehingga tidak khawatir akan melukai jerawat yang lagi matang-matangnya.

7. Drop Of Youth Moisterizer by The Body Shop
Walaupun lagi jerawatan, saya tetap menggunakan moisterizer i sebagai pengganti day cream dan night cream. yang saya suka, moisterizer ini ga bikin kulit jadi berminyak (yang bisa memperparah jerawat diwajah) tapi tetap melembab kan kulit.
oiya, memakai moisterizer itu is a must !. jangan sampai kulit kalian dehidrasi ya, karena bisa membuat wajah kalian terlihat lebih tua dari seharusnya. saya biasanya mengaplikasikan moisterizer dengan jumlah yang cukup banyak di bagian wajah yang cenderung kering, dan sedikit saja di bagian yag berminyak atau berjerawat.

8. Nuxe Lipbalm
selama hamil, hanya kondisi bibir saya saja yang tidak berubah. iya, masih tetap keriiing seperti biasanya. seperti yang saya sudah pernah bahas disini, lipbalm dari Nuxe ini masih tetap setia menjadi penyelamat bibir saya.


9. Wangsa Jelita Oil & Bio Oil 



sebelum hamil saya malas sekali menggunakan body lotion. tapi semenjak hamil, kulit badan saya ikut berubah menjadi kering. karena takut bakalan muncul stretchmark, saya langsung cari-cari produk oil yang cocok untuk ibu hamil. dari hasil blogwalking, akhirnya saya berhasil menemukan wangsa Jelita. brand ini  mengeluarkan 2 varian oil yang memang dikhususkan untuk ibu hamil, yaitu olive oil dan coconut oil. keduanya sangat cocok untuk melembabkan kulit dan mencegah stretcmark. selain itu saya juga menggunakan almond oil dari Wangsa Jelita sebagai pengganti lotion. wanginya enak, dan memberikan sensasi relax.



saya juga menggunakan body oil dari Bio Oil untuk melembabkan kulit dan mencegah stretchmark. saya menggunakannya bergantian dengan Wangsa Jelita, tergantung moodnya saja hehehe. dua-duanya sama-sama bagus dan cocok untuk kulit saya.



nah kira-kira itu skincare routine saya, kalau temen-temen gimana? yuk share dan saling berbagi informasi di kolom komentar :) 

3 comments:

  1. Selamat ya atas kehamilannya, saya juga lagi hamil nih Mbak, bawannya malas dandan tapi takut jelek juga kalo kulit tak terawat. Saya pakai Wangsa Jelita dan Bio Oil Alhamdulillah gada stretch mark, emang kadang males baca komposisi makeup dan skin care. Semoga kita dan baby sehat lahir batin terus ya dan yang paling penting kurangi kekhawatiran, jangan stress dan makan bergizi, Insya Allah aman ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa selamat juga ya mba atas kehamilannya. hihi sama banget, saya juga galau mau dandan takut bahaya tapi ga dandan kucelnya minta ampun. iya mba, pikiran positif insya alah manjur bikin ibu dan bayi happy hihihi.

      Delete