-->

Monday, March 6, 2017

PREGNANCY POSTS : Beberapa Hal yang Dialami Selama 6 Bulan Kehamilan


26 Weeks -  Memasukin minggu-minggu  terakhir di trismester kedua ini , banyak hal dalam diri saya yang mulai terasa berubah. berikut beberapa hal yang saya rasakan di trismester kedua ini:




1. Perubahan bentuk fisik
Saya sempet takut berat badan saya akan meningkat drastis. bukannya saya gamau gendut, tapi menurut yang saya baca untuk ibu yang merencanakan kelahiran normal, sebaiknya menjaga kenaikan berat tubuhnya agar tidak timbul berbagai penyakit. Dan ternyata, di trismester awal berat badan saya malah benar-benar stuck, tidak bertambah, dan tidak berkurang. lumayan bikin shock juga dan jadi parno apa mungkin asupan gizi saya masih kurang. Setelah konsultasi ke dokter, ternyata hal ini wajar dialami beberapa ibu hamil, selama berat badan bayi normal sesuai usia kandungan. 
Alhamdulillah, setelah merasa aneh karena berat badan ga naik-naik di trismester pertama, akhirnya sekarang berat badan saya sudah naik 5 kg. lumayan berat ya ternyata hehehe. celana sudah tidak muat, bajupun mulai kesempitan. dan terpaksalah harus mendadak belanja baju hamil hehehe. 
Oiya, tips dari saya, belilah baju hamil yang bisa dipakai saat nanti menyusui. lumayan untuk menghemat pengeluaran. toh, baju hamil hanya dipakai 9 bulan kan (bahkan 3 bulan bagi saya), kecuali teman-teman merencakan langsung hamil lagi setelah melahirkan hihihi. Tempat belanja baju hamil favorite saya di Bandung, yaitu di Moms to be. Tokonya cukup luas, dan sangat lengkap. kualitas bajunya pun bagus dengan range harga 100 ribu hingga 300 ribu, cukup terjangkau kan?. toko inipun sudah ada online shopnya loh, jadi untuk moms to be yang sibuk atau tinggal di luar Bandung tetap bisa membeli produknya, asik kan.


2. Pergerakan bayi yang semakin sering & kencang
Pertama kali saya bisa merasakan calon bayi bergerak adalah di usia kehamilan sekitar 18 minggu, tepatnya saat saya ada suami menonton film Train to Busan di rumah. kondisi tubuh saya yang tegang ternyata direspon oleh calon bayi untuk pertama kalinya, mungkin bayi ikut tegang juga ya hehe. Gerakannya masih malu-malu, kadang kencang, kadang pelan.
nah semakin bertambah besarnya kandungan dan bertambah usia kandungan, gerakan bayi juga semakin kencang. bahkan saya sudah bisa melihat posisi perut saya terkadang tinggi sebelah atau muncul gerakan seperti gelombang didalam perut. gerakannya makin kencang saat saya lapar, dan itu biasanya di jam-jam tak lazim untuk makan, yaitu tengah malam dan menjelang subuh. alhasil, saya selalu nyetok roti atau cemilan dirumah. 

3. Selalu ingin pipis
Memasuki bulan terakhir di trismester kedua ini, saya sudah mengalami beser. sedikit-sedikit pengen pipis, susah ditahan, dan kadang-kadang bikin perut bawah sakit. walaupun lagi beser-besernya, saya tetap mengusahakan minum air putih sebanyak mungkin. 

4. Posisi tidur yang serba salah
ada yang suka kesemutan? sakit pinggang? atau ga enak perut karena terasa ada yang mengganjal? mungkin itu yang lagi saya sering alami. setiap malam, saya mulai sibuk menyusun bantal dan guling supaya posisi tidur saya nyaman. Oiya pernah suatu hari saya kecapean dan langsung ketiduran tanpa menyusun bantal, dan sekitar jam 3 pagi saya terbangun karena kaki kanan saya kesemutan. ya mau gamau langsung pukul-pukul mas suami yang lagi enak tidur minta dipijitin. alhamdulillah walau mijitnya sambil tutup mata, pijitan mas suami bisa meredakan kaki yang kesemutan, ibu hamilpun bisa tidur dengan nyenyak kembali hehe. 

5. Sering merasa kepanasan
ini mungkin hal yang pasti dialami semua ibu-ibu hamil ya? bawaannya kepanasan terus. engga jarang saya mendapati baju dalam saya sudah basah karena berkeringat yang akhirnya bikin saya jadi rungsing. alhasil, harus sedia kipas kapanpun dimanapun, panas buuuu....


Nah, itu beberapa hal yang sering saya rasakan selama trismester kedua ini. kalau teman-teman bagaimana? yuk share pengalaman kalian :) 

No comments:

Post a Comment