-->

Thursday, February 5, 2015

Anak Gabisa Masak Sok-Sok Masak : Spaghetti Alfredo



Level masak saya cetek banget. Bahkan masak nasi aja saya ga pernah loh hahaha. Tapi saya anaknya banyak maunya, penasaran, terus sok bisa. Misalnya nih lagi makan di cafe A "duh ini kan cuma gini doang bikinnya, gampang deh kayanya" tapi nyampe kos atau rumah ga bikin juga hehehe. 
Makanya pas lagi liburan iseng-iseng aja nih cobain bikin makanan yang kayanya ga susah-susah banget tapi enak (dan mumpung ada adek saya yang bisa jadi korban icip2 makanan hahaha). Ini sebenernya masaknya udah lama sih. Berhubung baru ada semangat nulisnya sekarang ya jadi saya post sekarang deh hehe. 
Setelah saya ngubek2 google masakan yang gampang tapi oke, akhirnya saya pilih masak spaghetti alfredo. Harusnya sih fettucini ya, cuma saya ga begitu suka sama fettucini, besar banget kaya makan kuetiaw. Kira-kira gini nih penampakan hasil masakan saya pada percobaan pertama : 



Rasanya? 

kata adek saya yang doyan makan aja ini ENAK! 
Bangga lah ya, secara masak aja jarang-jarang hahaha. Kalo dari saya pribadi sih, ini krimnya kurang banyak, maklum saya pas masak pake ilmu "kira-kira" ala-ala ibu2 gitu. gatau deh takarannya berapa, yang penting bumbunya nyemplung semua ke wajan. Alhasil ya gini, pas udah jadi ngerasa krimnya kurang, tapi not bad lah ini enak ko rasanya. Selain itu, karena bikinnya dadakan banget, saya gapake smoke beef, cuma ada beef biasa buat bikin burger dan itu bikin rasanya agak aneh sih. 
Nah ini saya kasi resepnya ya buat temen-temen yang mau coba (resep ala-ala ibu2 ya):


Bahan: 
200 gram pasta sphagetti
100 gram daging asap/burger, potong-potong
2 siung bawang putih, cincang 
1/2  bawang bombay, cincang
100 ml cooking cream (saya pake merk elle & vire, beli di giant)
2-3 sdm mentega/margarin
4 sdm peterseli cincang
1 kuning telur, kocok lepas
 keju permesan/cheddar, parut secukupnya
merica secukupnya 

oh iya, mesti diingat ya, ini takarannya ngira-ngira,  tergantung banget sama jumlah masakan, kalo masaknya dikit ya dikira-kira aja butuh berapa. 

Cara memasak: 
1. rebus spagetti dalam air mendidih yang telah dikasi garam dan minyak goreng (kira-kira 5 menit, sampe masak)
2. goreng daging asap hingga matang, sisihkan
3. tumis bawang putih, bawang bombay dengan mentega hingga matang 
4.  masukan spaghetti kedalam wajan, aduk rata
5. tambahkan peterseli secukupnya 
6. tambahkan kuning telur, krim, dan keju. aduk sampai telur matang dan merata. 
7. masukan garam, lada, dan gula sesuai selera
8. angkat dan taburkan keju diatasnya 
9. spaghetti alfredo siap disajikan

Mudah kan? 
Menurut saya sih, kalo misalnya kalian gabisa masak dan mau belajar masak, masak spaghetti (tanpa bumbu instan loh ya) memang pilihan pertama untuk meningkatkan semangat belajar. Kenapa? tingkat kegagalannya kecil, ya asal masak mi rebus bisa sih harusnya ga masalah hehehe. Yuk semangat belajar masaknya :) 

semoga bermanfaat ya, 

salam. 

No comments:

Post a Comment