-->

Friday, January 12, 2018

LIKA LIKU MEMILIH GENDONGAN : PART I

sebelum memiliki anak, saya udah suka ngeliatin cara orang-orang travelling atau sebatas nongkrong sambil membawa anaknya. ada yang memilih menggendong, ada juga yang lebih memilih menggunakan stroller. waktu itu saya cuma memerhatikan, belum merasakan enak mana sih. dan ternyata setelah Nam lahir, saya resmi memilih jadi geng tak gendong kemana-mana. kenapa? simpel aja, karena saya gasuka ribet bawa-bawa stroller hehe.
hobi saya menggendong ini ternyata banyak dikomentari oleh orang-orang. komentar tersering yang saya dengar adalah "nanti anaknya bau tangan loh mau digendong terus", atau "sakit badan loh anaknya digendong terus" dan "belum aja ngerasain anaknya neplok terus, pegel-pegel deh". yaudah sih kan gendong anak juga bukan gendong karung beras.... 

seribet-ribetnya menggendong, saya lebih ngerasa ribet bawa stroller. pertama, saya gabisa nyetir sendiri yang artinya kalau mau kemana-mana harus mengandalkan taksi online. kebayang dong kalau lagi pergi sendirian? ya anak harus digendong, ya harus buka stroller. masya allah gendong anak sambil buka stroller itu gimana caranya tolong ku tak sanggup. kedua, tidak semua tempat yang saya datangi itu stroller friendly dan ini cuma nambah-nambahin masalah aja ga sih? iya ini kayanya masalah buat saya aja yang ga suka ribet.

gendongan pertama Namira

tapi namanya ibu-ibu jaman now, saya cari-cari tau manfaat dari menggendong atau yang dikenal dengan baby wearing ini. supaya lebih afdol aja gitu pembelaannya hehe. dan ternyata setelah saya baca-baca, banyak banget manfaat dari menggendong atau yang dikenal dengan baby wearing ini loh. nih manfaatnya: 


 The many benefits of carrying a baby during the first year.
source : Pinterest
terus namira pake gendongan apa? 
waktu baru lahir banyak banget dapet kado geos. karena ngeliat temen-temen banyak yang pake dan kayanya nyaman banget, dicobain dooong biar ga kalah hits. tapi ternyata mungkin ini anak udah jadi cenayang dari kecil yang tau kalo digendong pake geos dan posisinya menyamping (seperti ibu-ibu pake jarik) itu bahaya, namira gapernah mau. selalu uget-uget terus nangis,dan  jerit-jerit kaya orang sesek napas hahaha. abis itu mamanya udah nyerah dan ngepreloved geos-geos hits nan lucu itu. 
terus gedean dikit mama nam beli stretchy wrap, dan voila ini namira suka banget. selalu ketiduran berjam-jam, S-E-L-A-L-U ya. mama Nam pake SW yang non instan dari brand Hanaroo, jadi emang agak ribet pas awal-awal pake. tapi lebih nyaman karena bisa dikencengin atau dilonggarin sesuai selera. SW ini cocok banget buat namira yang mungil, bahkan sampe sekarang namira 7 bulan masih sering saya pake. (namira memang mungil jadi ga melorot gitu walau sudah 7 bulan hehehe). nah tapi seiring dengan namira yang udah mulai enak diajak jalan-jalan, papa Nam pengen juga dong gendong-gendong, tapi ogah ribet. dan akhirnya kami memutuskanlah untuk cari gendongan. 
terus kami bingung mau beli yang mana....

namanya juga baru punya anak, otomatis saya dan mas suami masih kebingungan juga dalam memilih gendongan yang tepat. melihat fenomena banyaknya gendongan lucu-lucu nan modern bertebaran di sekililing mall dan instagram yang bikin mupeng tapi pas tau harganya pengen nangis, saya jadi kepo dong apa sih perbedaannya dan gendongan mana sih yang tepat sesuai usia bayi. 
demi ketidakrugian kesehataan dan juga materi dimasa depan karena salah pilih gendongan, sayapun akhirnya blusukan di google. daaaan ternyata kesalahan menggendong dan memilih gendongan ternyata bisa menyebabkan pergeseran tulang kaki dan tulang pinggul atau hips dyplasia, jengjeeeeng. terus kudu piye gendongnya?
menurut info yang saya dapat dari hipdyplasia.org, cara menggendong yang tepat untuk gendongan sling: 
sedangkan untuk gendongan modern:
kalau dilihat dari kedua gambar diatas, ada satu persamaan yang paling mencolok yaitu kaki bayi yang membentuk M-Shape. posisi ini dinilai sebagai posisi yang paling bagus. kenapa? karena bayi yang baru lahir tulang belakangnya melengkung seperti hurup C. dan pada fase ini bayi belum kuat untuk menompang tulang belakang. fase ini akan sedikit demi sedikit berkembang hingga akhirnya tulang punggung bayi mampu tegak sempurna. oleh karena itu untuk menjaga postur bayi saat menggendong, sangat dianjurkan ( bahkan harus) membuka kedua paha bayi, paha disanggah oleh body shape panel gendongan,dan posisi lutut agak tinggi, yang dikenal dengan posisi M Shape. gendongan yang tidak support M-Shape akan membuat posisi kaki bayi menggantung, dan secara tidak langsung memaksa tulang belakang bayi menjadi tegak. ini yang bahayaaaa



posisi M shape sesuai usia


oiya selain dari posisi kaki yang harus M Shape, ada satu fakta yang bikin saya tercengang. ternyata sebaiknya bayi tidak tidak digendong menghadap depan loh. jengjeeenggggggg.....
why oh why...
padahal inceran mama Nam itu gendongan yang lagi hits bisa hadap depaaaan (if you know what i mean ya). padahal seru kaan bayinya jadi bisa liat sana sini, terus kayanya enak sambil duduk sambil jalan-jalan. pasti ini konspirasi dari pesaing biar ga laku (iya lebay banget mama Nam). eh eh eh tapi ternyata beneran ga baik loh apalagi kalo terlalu lama (oke, menyerah). kenapa? ya karena ini..


terus gendongan apa dong yang cocok buat si bayi? 
bukan cuma baju dan fashion stuff lainnya yang harus disesuaikan dengan usia, tapi juga gendongan bayi. tidak semua gendongan bisa dipakai di semua range usia bayi. ada kelas-kelasnya gituu kaya gini kira-kira:

gendongan udah pas, posisi duduk udah paham, udah cukup kan? 
no no no. mau secanggih apapun gearnya, kita harus balik lagi memerhatikan prinsip menggendong yang aman untuk bayi. percuma dong kalo kita udah pake gear yang tepat, tapi salah saat digunakan. menurut beberapa sumber yang saya baca menggendong yang aman itu harus memenuhi prinsip TICKS. apa itu TICKS?


kalau udah kaya gini jadi engga galau lagi kan pilih-pilih gendongan, tinggal sesuaikan aja dengan kenyamana dan budget yang tersedia. kalau ada budget berlebih, bisa pilih gendongan yang bagusan. kalau tidak ada, masih banyak ko gendongan lokal yang baguuus dengan harga terjangkau. tenang aja, gendongan bayi itu investasi yang bisa dipakai bertahun-tahun bahkan sampe anaknya punya ade lagi, eeeeh.

terus mama nam beli apa?
RAHASIA. hahaha boong sih sebenernya belum beli tapi udah ada beberapa list gendongan yang saya dan mas suami pilih. kalau udah beli, saya review di postingan selanjutnya ya!

salam

2 comments:

  1. menggendong menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan y moms... terimakasih sharing nya moms..

    ReplyDelete
  2. Saya baru bisa geos n hipseat tapi anaknya hadap saya

    ReplyDelete